Tuesday, May 6, 2014

Pilih Bidan atau Dokter kandungan??

Pilih Bidan atau Dokter kandungan yah?. Masa-masa memilih siapa yang akan memantau kandungan pasti bikin pusing para Ibu hamil terutama bagi mereka yang baru pertama kali hamil. Banyak pertimbangan dalam memilih siapa yang paling tepat.
Idealnya memang memilih sejak usia kehamilan masih muda seperti sekarang ya?. Boleh berpindah-pindah dokter di awal kehamilan, tapi segera tentukan untuk memastikan siapa yg akan memegang data lengkap perkembangan Ibu hamil.
Kenali lebih dekat dokter kandungan atau bidan, agar si Ibu merasa nyaman dan mudah menghubunginya saat kondisi darurat penting siaga satu terutama di akhir-akhir kehamilan menuju persalinan. Berikut adalah perbedaan bidan dan dokter kandungan:
1.        Bidan
a)         Bidan cenderung memiliki pandangan holistik, yakni memandang persalinan sebagai suatu proses alamiah yang terjadi pada ibu hamil. Sementara dokter kandungan cenderung memiliki pandangan perspektif medis, yakni memandang persalinan sebagai suatu peristiwa yang berisiko.
b)        Bidan menghabiskan lebih banyak waktu bersama calon ibu dalam menjalani proses persalinan, bahkan tak sedikit yang bersedia melakukan kunjungan prenatal. Sementara dokter kandungan cenderung hanya akan mendampingi calon ibu saat tahap akhir proses persalinan atau saat pembukaan telah lengkap.
c)         Bidan akan secara maksimal mengupayakan persalinan normal, terkecuali dalam prosesnya ditemukan komplikasi atau kasus-kasus yang benar-benar tidak bisa dia tangani. Jika ini terjadi, bidan baru akan merujuk calon ibu ke rumah sakit untuk ditangani dokter kandungan. Tak jarang, bidan akan mendampingi pasien secara langsung hingga sang pasien menerima penanganan. Sementara itu, dokter kandungan cenderung menggunakan intervensi atau metode medis seperti induksi apabila pembukaan tak juga lengkap dalam waktu tertentu (umumnya singkat) hingga akhirnya merekomendasikan operasi caesar.
d)        Bidan melayani praktik di rumah sakit, rumah bersalin, rumah pribadi, puskesmas, bahkan tak jarang melayani pendampingan persalinan kunjungan langsung ke kediaman calon ibu. Sementara dokter kandungan hanya menyediakan layanan praktik di rumah sakit atau rumah bersalin.

2.        Dokter kandungan
a)      Dokter kandungan merupakan tenaga terlatih sebagai ahli bedah dan dapat menangani persalinan secara operasi caesar. Sementara bidan tidak dibekali pelatihan keahlian tersebut sehingga hanya bisa menangani persalinan normal.
b)      Dokter kandungan dapat menangani persalinan calon ibu dengan kehamilan risiko tinggi maupun rendah. Sementara bidan hanya dapat menangani persalinan calon ibu dengan kehamilan risiko rendah. 
Semua keputusan yang diambil mana yang dianggap nyaman dan tepat bagi kesehatan dan keselamatan ada di Ibu, dan jangan lupa selalu komunikasikan dengan pasangan...

Pilih Bidan atau Dokter kandungan?? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment