Friday, March 28, 2014

Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Pada saat periode kehamilan, wanita memerlukan energi dan gizi lebih tinggi dibandingkan saat sebelum hamil. Untuk menambah asupan energi dan gizi tersebut ibu hamil perlu menambah kuantitas dan kualitas makanannya. Zat-zat yang dimakan oleh ibu diserap dalam tubuh dan digunakan oleh ibu hamil juga dikonsumsi oleh sang janin. Janin berkembang menurut nutrisi yang dimakan oleh ibu hamil. Sehingga ibu hamil perlu memilih dan memilah makanan yang baik untuk dirinya juga untuk perkembangan janinnya.

Beberapa makanan dan minuman memang memiliki kandungan zat yang baik untuk ibu hamil namun tidak semuanya baik ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat hamil. Menghindari makanan tersebut bukan karena mitos namun lebih karena menghindari resiko kesehatan yang timbul jika mengkonsumsi makanan tersebut

1. Makanan dan Minuman Bersoda
Jika cuaca cukup panas tentu sangat menyenangkan dan terasa segar jika minum minuman bersoda ditambah dengan es. Namun ternyata minuman bersoda tidak baik diminum oleh ibu hamil. Minuman bersoda banyak mengandung gula, asam fosfat, karbonat, bahan pengawet, dan kafein yang dapat membahayakan janin.

2.  Minum Kopi
Dari jurnal BMC Medicine, kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah dan kehamilan yang berkepanjangan (kehamilan lebih lama dari pada umumnya)

3. Mie Instan
Disamping murah, mie instan juga praktis, namun sebaiknya dihindari mengingat beberapa zat yang dikandung didalamnya memiliki efek yang bisa membahayakan janin selama kehamilan. Seperti monosodium glutamat (MSG) yang berfungsi sebagai pengawet ternyata dapat mengganggu pertumbuhan saraf janin dan pemicu gangguan saraf ketika anak lahir

4. Sayuran Mentah
Lalapan yang menjadi menu favorit masyarakat Indonesia, dengan menyajikan sayuran secara segar dan mentah. Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan dengan penyajian secara mentahan karena dikhawatirnya karena belum melalui proses dimasak masih mengandung bakteri yang bisa membahayakan ibu hamil dan juga janin. Selain itu adanya pestisida, toksoplasma, dan bakteri listeria yang bisa mengganggu perkembangan janin.

5. Telur Mentah dan Setengah Matang
Telur mentah dan setengah matang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Mengapa demikian? Dikhawatirkan dalam telur yang belum dimasak tersebut terdapat bakteri salmonela. Salmonella adalah salah satu bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan salah satunya tipus.

6. Makanan Mengandung Pewarna
Pewarna yang tidak dianjurkan disini adalah pewarna buatan dari bahan-bahan kimia campuran. Sebelum mengkonsumsi makanan sebaiknya lihat dulu kandungan zatnya dalam kemasan makanan.

Mudah-mudahan dengan sedikit tips makanan dan minuman yang harus dihindari saat hamil dapat bermanfaat buat ibu-ibu semua.

Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment