Tuesday, May 6, 2014

Bagaimana Memilih Dokter Kandungan Atau Bidan

Bagaimana Memilih Dokter Kandungan Atau Bidan-Kehamilan tentu merupakan momen yang paling dinantikan semua pasangan yang sudah menikah agar menambah keharmonisan dan kualitas dalam berkeluarga. Meski memang tidak semua pasangan baru tersebut belum bisa langsung mendapatkan kehamilan. Setelah mengetahui bahwa istri hamil, tentu pasangan muda harus memilih bidan atau dokter kandungan terbaik dan berkualitas (seperti yang sudah pernah saya ulas di PILIH BIDAN ATAU DOKTER KANDUNGAN?? Ya mom...) Hal ini tentu untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal. Bidan atau Dokter kandungan bertugas melakukan pemeriksaan dan monitoring perkembangan janin di dalam kandungan sekaligus kesehatan ibu hamil. Mereka sebaiknya juga yang menjadi penolong saat anda melahirkan, karena tentu mereka lebih mengetahui riwayat kehamilan anda. Apapun pilihan mom, baik itu bidan maupun dokter kandungan sebaiknya bisa membuat hati mom nyaman. Berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih dokter kandungan atau bidan, yaitu:
1.      Aspek Komunikatif.
Pilihlah dokter kandungan atau bidan yang enak diajak bicara dan suka berbagi informasi. Informasi mengenai hasil pemeriksaan adalah hak pasien dan pasien seharusnya diperbolehkan banyak bertanya sampai puas.
2.      Aspek Pengalaman.
Berpengalaman merupakan salah satu faktor yang sangat penting didalam pengambilan keputusan. Bidan atau Dokter kandungan telah banyak menangani berbagai kasus kehamilan. Ketika mom mendapat masalah dalam persalinan, maka Bidan atau Dokter kandungan ini akan sigap dan mempunyai banyak pilihan dalam mengatasi masalah kehamilan Anda.
3.      Aspek Wawasan Luas.
Dokter atau Bidan yang memahami agama, memahami sosiologi, dan psikologi akan sangat baik bagi Ibu hamil. Dalam memberikan nasehat, dia tidak hanya berbicara tentang kondisi bayi mom, tetapi juga mampu menyampaikan saran-saran tentang gaya hidup, spiritual, dan memotivasi Anda.
4.      Aspek Gender.
Secara psikologi, manusia lebih cenderung terbuka menceritakan masalahnya kepada sesama jenis. Hukum agama menjaga kehormatan wanita dengan melindunginya dari kebebasan saling memandang dan kontak aurat. Memilih tenaga medis laki-laki diperbolehkan bila dalam kondisi darurat (tidak ada dokter kandungan atau bidan perempuan yang terjangkau).
5.      Aspek Aksesabilitas.
Pertimbangkan jarak, lokasi, kondisi perjalanan, dan fasilitas transportasi yang tersedia untuk menuju tempat praktik dokter kandungan atau bidan tersebut.
6.      Aspek Finansial.
Finansial atau keuangan merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan Dokter kandungan atau Bidan. Sesuaikan dengan kemampuan dan persiapan tabungan yang Anda miliki dalam memilih Bidan atau Dokter kandungan.

Bagaimana Memilih Dokter Kandungan Atau Bidan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment